Thursday, July 11, 2013

Sudahkah Anda Mengenal Asuransi?

Sudahkah anda mengenal apa yang dimaksud dengan Asuransi?

Disini saya akan menjelaskan apa itu asuransi. Asuransi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk merendahkan kehilangan financial dengan cara menyalurkan resiko kehilangan dari seseorang atau badan usaha ke lainnya dan juga merupakan suatu bisnis perlindungan financial untuk jiwa, property, kesehatan dan lain sebagainya dengan cara mendapatkan suatu ganti rugi atas kejadian kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi dalam kehidupan manusia seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.


Asuransi dalam Undang Undang No.2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian adalah suatu perjanjian yang melibatkan antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan cara menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena hal Meninggal, sakit, kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang mungkin akan diderita oleh si tertanggung.

Individual atau Badan yang menyalurkan resiko disebut sebagai“TERTANGGUNG” dan badan yang menerima resiko disebut sebagai“PENANGGUNG”. Perjanjian tertulis antara kedua pihak ini disebut sebagai “POLIS” dimana merupakan suatu kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. Biaya yang dibayarkan oleh si tertanggung kepada penanggung untuk resiko yang ditanggung disebut sebagai “PREMI” dimana si penanggung akan menentukan dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administratif dan keuntungan.

Contohnya, seorang pasangan suami istri kita sebut saja namanya Othan dan Anne. Mereka membeli sebuah rumah seharga Rp.900Juta dan karena mereka mengetahui bahwa jika mereka kehilangan rumah mereka akan membawa mereka kepada kehancuran financial, maka mereka mengambil suatu perlindungan asuransi dalam bentuk kebijakan kepemilkan rumah. Kebijakan tersebut akan membayar penggantuan atau perbaikan rumah mereka bila terjadi bencana. Perusahaan asuransi yang kita sebut sebagai penanggung akan mengenai mereka suatu premi sebesar Rp.1Juta per tahun dan resiko atas kehilangan rumah mereka telah disalurkan dari pemilik rumah ke perusahaan asuransi.

Penanggung menggunakan ilmu aktuaria untuk menghitung resiko yang mereka perkirakan. Ilmu aktuaria menggunakan sistem matematika, terutama statistika dan probabilitas yang dapat digunakan untuk melindungi resiko, untuk memperkirakan klaim di kemudian hari dengan ketepatan yang dapat diandalkan.

Contohnya, banyak orang membeli kebijakan asuransi kepemilikan rumah dan kemudian mereka membayar premi ke perusahaan asuransi. Bila kehiilangan yang dilindungi terjadi, penanggung harus membayar klaim. Bagi beberapa tertanggung, keuntungan asuransi yang mereka terima jauh lebih besar dari uang yang mereka telah bayarkan kepada penanggung. Lainnya mungkin tidak membuat klaim. Kalau dirata-ratakan dari seluruh kebijakan yang dijual, total klaim yang dibayarkan keluar lebih rendah dibanding dengan total premi yang telah dibayar kepada tertanggung, dengan perbedaannya adalah biaya dan keuntungan. 

Perusahaan asuransi juga mendapatkan keuntungan investasi. Ini diperoleh dari investasi premi yang diterima sampai mereka harus membayar klaim. Uang ini disebut sebagai“FLOAT”. Penanggung bisa mendapatkan keuntungan atau kerugian dari harga perubahan float dan juga suku bunga atau deviden di float. 

Beberapa orang menganggap asuransi sebagai suatu bentuk taruhan yang berlaku selama periode kebijakan. Perusahaan asuransi bertaruh bahwa property pembeli tidak akan hilang ketika pembeli membayarkan uangnya. Perbedaan di biaya yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi melawan dengan jumlah yang dapat mereka terima bila kecelakaan terjadi hamper sama dengan bila seseorang bertaruh di balap kuda (misalnya 10 banding 1). Karena alasan ini, beberapa kelompok agama termasuk Amish menghindari asuransi dan bergantung kepada dukungan yang diterima oleh komunitas mereka ketika bencana terjadi. Di komunitas yang berhubungan erat dan mendukung dimana orang-orangnya dapat saling membantu untuk membangun kembali properti yang hilang, rencana ini dapat bekerja. Kebanyakan masyarakat tidak dapat secara efektif mendukung system seperti diatas dan system ini tidak dapat bekerja untuk resiko besar.

Sekian dan Terima Kasih



Selamat Pagi...
Alex - Financial Advisor (00637170)
Phone Number: +62 87 888 00 6540
E-Mail: pru.00637170@gmail.com
Pin BB: 21DF074E
Twitter: @pru00637170

No comments:

Post a Comment